10 Trik Jitu Menulis Resume dan Mendapatkan Hadiah Buku


Ting tong….ting tong….  bel berbunyi
“Ada paket ...” sapa kurir JNE
“Owh ya terimakasih.” Sambil berfikir paket dari siapa ya...

Sebuah bungkusan bertulisan  Pusat Studi Sumber Daya Manusia (PSSDM). Sesaat teringat webinar yang saya ikuti tanggal 20 Juni 2020 materi Becoming Great Teacher. Bahagia rasanya mendapatkan hadiah dari menulis. Saat itu saya ikut seminar selain materinya sangat menarik didukung nara sumber yang sangat luar biasa sudah tidak diragukan lagi penglamannya menjadi guru nasional maupun internasional  Dr.Capri Anjaya.

Webinar diselenggarakan dari pukul 09.30 s/d 11.00 WIB. Berlangsung sangat dinamis dan interaktif.  Esok harinya saya rangkum materi dalam bentuk resume selain melatih  agar terbiasa menulis juga untuk berbagi kepada orang lain.
Berikut link resume webinar Becoming Great Teacher :
Selesai menulis saya share di group WA Webinar untuk Guru PSSDM 15 menit kemudian Dr.Capri sebagai nara sumber memberikan ucapan selamat kepada saya akan mendapatkan hadiah dari PSSDM. Segera  alamat dikirim pada bu Eka yang menangani hadiah.
Hari ini Jumat, 26 Juni 2020 hadiah dari PSSDM tiba di alamat rumah. Berisi 2 buku yang berjudul
1. Sekolah Lokal Berkualitas Internasional Resep Jitu Mengelola Sekolah Internasional (Satuan Pendidikan Kerjasama /SPK) Penulis: Capri Anjaya
2.     Fahmi Idris Aktivis Tiga Zaman (Team PSSDM)

Dengan hadiah yang saya dapati ini saya juga ingin berbagi tips kepada Bpk/Ibu. Berikut Trik Jitu  Menulis Resume  & Mendapatkan Hadiah Buku:

  1. Usahakan untuk selalu membuat resume ataupun rangkuman dari setiap materi yang disampaikan oleh nara sumber baik itu webinar, Whatsapp, Zoom meeting  ataupun media lainnya.
  2. Buat resume sesegera mungkin, jika bisa saat itu juga sambil mendengar juga mencatat point-point terpenting yang disampaikan oleh nara sumber.
  3. Buatlah judul semenarik mungkin, agar minat pembaca lebih besar untuk membuka link yang kita bagikan.
  4. Gunakan resume dengan kata-kata kita sendiri, ramu bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca.
  5.  Beri gambar  pendukung untuk memperkuat materi yang kita rangkum.
  6. Sertakan link materi yang dibagikan oleh nara sumber jika resume yang kita buat belum lengkap sehingga pembaca bisa melihat lebih detail di link yang kita sertakan.
  7. Menulislah dengan ikhlas , dengan menulis ikhlas maka tulisan yang kita hasilkan jauh lebih terasa maknanya dari pada sekedar menulis untuk menyelesai tugas.
  8. Jika beruntung tulisan kita bisa terpilih dan  mendapatkan hadiah dari penyelenggara. 
  9. Jika belum beruntung jangan berkecil hati bukan karena tulisan kita yang tidak menarik, hanya saja belum waktunya kita mendapatkan hadiah bukankah Allah akan memberikan semuanya pada saat yang tepat.
  10. Tetap semangat menulis dan terus berkarya walaupun tidak ada hadiahnya.  Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi (Omjay Guru Bloger Indonesia).

Demikaianlah 10 trik jitu saya dalam menulis resume. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada PSSDM dan Dr.Capri Anjaya atas hadiah yang sangat bermanfaat dan membuat saya semakin bersemangat untuk terus menulis.

Hadiah dari PSSDM


Posting Komentar

10 Komentar

  1. Barokallah ... Selamat, berkat ketekunan dan komitmen yang kuat, semua akan berbuah indah ...

    BalasHapus
  2. Bravo!
    Terima kasih tips nya.
    Aku suka point 7. Menulis harus ikhlas! Dalem!
    Keep sharing and keep inspiring

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah mendapatkan trik jitu dari ibu narasumbernya, saya akan terus belajar agar bisa menulis dengan baik, semoga suatu saat saya bisa menulis sesuatu yang bermanfaat, mohon doanya ibu 🙏🙏

    BalasHapus
  4. Sangat menginspirasi ibu Rita semoga saya mampu melakukannya, terus maju berkarya selalu saya nantikan trik-trik yang lain

    BalasHapus