Lima Kriteria Minimal Dalam Memanfaatkan Teknologi Terkini

 

                

B

erbicara era abad 21 pasti tidak lepas dengan kecanggihan teknologi dalam segala bidang. Baik itu bidang perbankan, perdagangan, pertanian termasuk bidang pendidikan. Pendidikan pada saat ini banyak sekali mengalami perubahan terutama dalam penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran.


           

             A. Pengertian Teknologi

         Menurut Wikipedia teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Sedangkan teknologi menurut  Poerbahwadja Harahap, mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di bidang teknik, mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik ataupun industri tertentu.

           B. Pendidikan Jarak Jauh

     Dari perkembangan teknologi yang begitu pesat di dalam dunia pendidikan maka terbentuklah sistem pendidikan baru yaitu Pendidikan Jarak Jauh atau sering di sebut dengan Distance Education. 

       Mengutip dari situs wikipedia pengertian Pendidikan Jarak Jauh adalah pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi  interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. Pembelajaran elektronik (e-learning) atau pembelajaran daring (online) merupakan bagian dari pendidikan jarak jauh yang secara khusus menggabungkan teknologi elektronika dan teknologi berbasis internet.

       C. Penggunaan Teknologi di Lingkungan Sekolah

Teknologi yang berkembang begitu pesat juga masuk di lingkungan pendidikan. Berbagai media yang menunjang di dalam pendidikan baik itu hardware seperti komputer, printer, proyektor, internet  maupun software media pembelajaran dalam bentuk grafis, video dan lain sebagainya membawa perubahan yang cukup signifikan. Teknologi memiliki peranan penting, guru dan siswa saat ini dituntut agar terbiasa menggunakan teknologi agar pembelajaran menjadi semakin interaktif, menarik dan tidak menjenuhkan.

  Banyak sekali perbedaan antara pembelajaran secara konvensional dan pembelajaran jarak jauh. Terutama dalam penggunaan media pembelajaran. Pembelajaran konvensional adalah pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah secara tatap muka. Sebagian guru masih banyak yang belum memanfaatkan teknologi secara optimal dalam pembelajaran konvensional karena berbagai macam alasan seperti belum bisa dan belum terbiasa.

Hal ini tentu saja membuat pembelajaran menjadi kurang menarik. Walaupun guru masih bisa mengatasi pembelajaran tanpa menggunakan teknologi dengan menggunakan metode pembelajaran favorit para guru yaitu metode ceramah. Akan tetapi tidak dipungkiri ketika guru tidak menggunakan teknologi sama sekali di dalam pembelajarannya maka kegiatan belajar menjadi hambar ibarat makan tanpa garam.

Begitu juga dengan pengalaman saya ketika mengajar pertama kali di sekolah negeri 10 tahun yang lalu. Padahal sekolah pada saat itu sudah mulai gencar agar para guru terbiasa menggunakan teknologi salah satunya penggunaan LCD proyektor. Hampir 50% kelas  sudah terpasang LCD Proyektor. Akan tetapi sangat disayangkan hingga kini hanya beberapa guru saja yang memanfaatkan fasilitas tersebut.

D. Belajar Dari Rumah (BDR)

Semua menjadi berubah ketika keputusan pemerintah untuk melaksanakan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR). Secara tidak langsung guru dan siswa dipaksa belajar dengan memanfaatkan teknologi.

Dalam proses belajar-mengajar yang perlu diperhatikan oleh guru adalah metode pembelajaran. Baik itu pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh. Ada berbagai macam metode pembelajaran yang kita kenal  seperti metode ceramah, diskusi, demonstrasi, resitasi, problem based learning, discovery dan lain sebagainya.

Sebagaian metode tersebut dapat berjalan efektif ketika pembelajaran di lakukan secara tatap muka. Untuk pembelajaran jarak jauh di masa pandemi metode yang efektif menurut para ahli adalah metode Project Base learning, metode STEAM, metode Daring, metode Luring, metode Home Visit, metode Integrated Currriculum dan metode Blended Learning


Penggunaan Blog dan Youtube sebagai media pembelajaran

          E. Lima Kriteria Minimal dalam Pemanfaatan Teknologi Terkini

Perlahan-lahan tapi pasti 7 bulan berlalu sehingga guru dan siswa sudah mulai terbiasa dalam menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan pengalaman tersebut saya menyimpulkan ada 5 kriteria minimal dalam pemanfaatan teknologi terkini  agar pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan yaitu: 

1. Fasilitas Handphone/Komputer

Tidak di pungkiri teknologi yang banyak digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar adalah HP/Komputer. Di dalam pembelajaran tatap muka fasilitas ini sangat membantu guru dan siswa untuk mengeksplore lebih jauh terhadap materi maupun sumber belajar yang akan diberikan. Terlebih pembelajaran jarak jauh, kedua fasilitas ini adalah syarat mutlak dalam pembelajaran daring agar kegiatan belajar-mengajar dapat terlaksana.

2Internet

Internet menjadi salah satu kebutuhan primer dalam pembelajaran di era 4.0. Berbagai sumber informasi yang terdapat di internet akan menambah wawasan dan pengetahuan baik siswa maupun guru. Selain itu berbagai aplikasi yang hanya bisa dilakukan secara online seperti kuis, youtube, blog dan sebagainya yang hanya bisa dilakukan secara online akan menjadi tidak bermanfaat jika siswa dan guru tidak memiliki paket internet untuk mengaksesnya.

3. Teleconferences

Pembelajaran akan lebih efektif  jika guru dan siswa dapat bertatap muka secara langsung. Jika pembelajaran dilakukan di sekolah sebelum masa pandemi maka guru dan siswa akan bertemu secara langsung tanpa memerlukan fasilitas teleconferences. Akan tetapi jika pembelajaran dilakukan dari rumah masing-masing maka salah satu teknologi terkini yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru adalah aplikasi teleconferences seperti Zoom, Webex, Googlemeet dan aplikasi teleconferences lainnya yang sejenis.

4. Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang tidak kalah penting selain hardware adalah software. Banyak sekali aplikasi yang mendukung pembelajaran saat ini, seperti: Sway, Blog, kahoot dan lain sebagainya. Jika kita melaksanakan pembelajaran secara tatap muka media-media tersebut dapat digunakan sebagai salah satu media pendukung dalam memberikan materi kepada siswa agar lebih menarik. Akan tetapi jika pembelajaran di lakukan dari jarak jauh media tersebut merupakan salah satu media yang harus Bapak/Ibu gunakan dalam  pembelajaran. Selain simple, user friendly dan gratis tanpa bayar, siswa bisa mendapatkan materi dengan sekali klik saja melalui link yang dibagikan oleh guru.

5. Summative tools

Kriteria terakhir yang harus Bapak/Ibu guru pikirkan adalah summative tools atau media tes yang akan digunakan jika Bapak/Ibu akan melaksanakan ujian. Ada  nuansa yang berbeda jika Bapak/Ibu memberikan ujian dengan menggunakan teknologi dibandingkan dengan cara konvensional seperti menggunakan kertas. Selain tidak menarik peluang untuk bekerjasama dan menyontek lebih besar di bandingkan menggunakan  Computer Base Test (CBT) di mana soal bisa diacak serta pengaturan waktu pengerjaan soal.

Apalagi jika pembelajaran di lakukan dari rumah CBT ini adalah salah satu hal yang wajib Bapak/Ibu laksanakan. Banyak sekali summative tools yang mudah, menarik dan menyenangkan bagi siswa seperti: quizzes, kahoot, wheel of names dan sebagainya. 

Belajar sambil bermain serta mengetahui posisi nilai yang kejar-kejaran akan menambah semangat bagi peserta didik dan menjadi pengalaman baru yang menyenangkan bagi mereka.

         Itulah 5 kriteria minimal yang harus Bapak/Ibu guru kuasai agar peranan teknologi dalam pembelajaran laring dan luring semakin menarik dan menyenangkan. Ketika Bapak/Ibu guru telah memiliki 5 kriteria tersebut maka Bapak/Ibu akan lebih leluasa untuk mengeksplore kegiatan belajar-mengajar baik itu secara daring maupun luring. Sehingga memberikan dampak positif, siswa semakin antusias dan semangat dalam  belajar.

Akan tetapi jika Bapak/Ibu tidak memiliki 5 kriteria di atas maka pembelajaran daring maupun luring akan sangat membosankan jika hanya mengandalkan buku paket dalam memberi tugas ataupun hanya memberikan materi dalam bentuk MS.Word atau PDF melalui WA yang menambah kejenuhan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut tidaklah salah akan tetapi akan lebih baik lagi jika Bapak/Ibu guru memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran selain siswa senang, guru tenang dan orang tua menjadi bahagia jika anaknya lebih semangat dalam belajar.

 F. Jadilah Guru Pembelajar

Bagaimana caranya agar menjadi guru  yang bisa memanfaatkan teknologi terkini dalam pembelajaran kuncinya Bapak/Ibu harus menjadi guru pembelajar yaitu long life education belajar sepanjang hayat. Banyak jalan menuju Roma jika Bapak/Ibu terbiasa menggunakan tutorial maka Bapak/Ibu bisa mencari di youtube, jika tidak Bapak/Ibu bisa bertanya dengan rekan kerja yang sudah terbiasa menggunakan teknologi. Selain itu rajin-rajinlah bergabung di workshop/webinar yang memberikan pelatihan penggunaan media pembelajaran terkini. Dengan mengikuti webinar serta bergabung di komunitas guru berbagi ataupun sejenisnya semangat Bapak/Ibu akan tumbuh melihat rekan-rekan guru yang semangat berbagi dan semangat belajar.

            Itulah yang saya lakukan terlebih di masa pandemi ini, sebagai manusia biasa walaupun saya mengajar pelajaran Informatika yang berkaitan dengan IT, jika tidak bergabung di komunitas saya kurang bersemangat, tidak memiliki motivasi untuk mengikuti teknologi terbaru. Sangat berbeda ketika saya sering mengikuti webinar atau bergabung di group yang selalu berbagi terkhusus mengenai tools pembelajaran terkini yang mereka gunakan dalam pembelajaran, membuat saya juga ingin melakukan hal yang sama.

 Pengalaman saya menggunakan beberapa tools pembelajaran dan bergabung di komunitas belajar menulis melalui blog membuat saya mendapatkan kesempatan untuk mengisi materi pelatihan  untuk rekan-rekan guru di sekolah. Materi pelatihan yang saya berikan adalah cara membuat dan menggunakan blog, google classroom dan google form yaitu keterampilan minimal agar Bapak/Ibu guru dapat menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh.



Kegiatan Pelatihan Blog Untuk Guru Internal Sekolah

Dari pelatihan tersebut akhirnya rekan kerja saya memiliki motivasi menggunakan teknologi seperti bloggoogle classroom dan beberapa aplikasi lain yang menunjang dalam pembelajaran. Ala bisa karena terbiasa kini Bapak/Ibu guru sekolah kami mulai menggunakan teknologi terkini dalam pembelajaran di masa pandemi.



PROFIL PENULIS

Terlahir dengan nama Rita Wati  pada tanggal 24 September 1982. Anak bungsu dari 11 bersaudara  ini memiliki hobi membaca terkhusus buku-buku cerita sejak kecil. Penulis berprofesi sebagai  guru di SMP Negeri 2 Mendoyo Kabupaten Jembrana Provinsi Bali. Selain mengajar juga sebagai Operator Sekolah. Menamatkan pendidikan dasar dan menengah di Tanjung Pinang dan kuliah di Yogyakarta. Motto hidup penulis adalah Belajar sepanjang hayat. Saat ini Penulis menekuni dunia literasi dan blog dengan bergabung di Komunitas Belajar Menulis bersama Om Jay, AISEI Writing Club bersama Dr. Capri Anjaya dan Komunitas Sejuta Guru Ngeblog.

 

 #PGRI #KOGTIK #EPSON #KSGN https://www.gurupenggerakindonesia.com/

 

Posting Komentar

53 Komentar

  1. Luar biasa. Daring atau luring ibarat lingkaran sasaran tembak, tepat atau tidak peluru melesat, secanggih apa pun senapan yang digunakan tergantung "man behind the gun".
    Setuju dg uraian ttg guru pembelajar. Membelajarkan diri sendiri agar mampu membelajarkan siswa-siswinya.
    Bravo!

    BalasHapus
  2. Terus belajar
    Long life education...
    👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar sepanjang hayat. Terima kasih Pak Fatur

      Hapus
  3. Super.. Mari kita terus belajar... Sepanjang hayat..

    BalasHapus
  4. Terima kasih sdh meramaikan lomba blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasi kepada PGRI,KOGTIK,EPSON, KSGN dan seluruh panitia penyelenggara

      Hapus
  5. Luar biasa buk Rita maju terus jangan berhenti berinovasi, demi kemajuan dunia pendidikan kita.dan Kita sebagai guru,mau tidak mau,suka tidak suka, harus mampu mengikuti tuntutan perkembangan jaman, sehingga berbagai upaya harus kita lakukan,jika peran kita tidak mau nantinya digantikan oleh profesi yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar ibu harus siap mengikuti perjembangan teknologi dalam pendidikan

      Hapus
  6. Semangat buk Rita, lanjutkan berkarya semoga sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pak, sudah bersedia berkunjung di gubuk saya

      Hapus
  7. Pas banget. Tp boleh sy nambahin, sinyal yg bagus juga penting bu. Karena ada beberapa siswa yg tinggal di daerah yg minus sinyal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Bu Ayu Selain internet , quoata serta sinyal yg mendukung penggunaan teknologi terkini

      Hapus
  8. Benar banget bu teknologi itu sangat penting dapat mempermudah proses pembelajaran, membantu siswa dalam memahami materi pelajaran, dapat menarik perhatian siswa dan dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Bu Puspita telah sudi berkunjung. Semamgat terus untuk belajar teknologi pembelajaran terkini

      Hapus
  9. waah tulisannya banyak sekali pasti mengalir begitu saja yg ingin bu rita tulis. berbagi pengalaman adl hal yg paling jujur dan paling aman utk di lakukan penulis. terus semangat menginspirasi ya bu,, sehat selalu.. miss lesileop-si biji ketumbar mentah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Miss Lesi , ditunggu tulisannya bu

      Hapus
  10. Setuju guru memang h harus mengikuti teknologi terkini tidak ada kata terlambat

    BalasHapus
  11. Semangat dengan tema yg lain lagi cik gu,,ditunggu yaa😄😄
    Pembelajaran daring aku suka krn dapat pegang hp terus😅😅

    BalasHapus
  12. tulisan yang sangat baik dan diperlukan oleh para pendidik agar melek teknologi
    kunjungi: halobelajarsesuatu.blogspot.com
    Atau: bit.ly/haloged

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pak Ged , siap BW ke blog pak Ged

      Hapus
  13. Saya sangat setuju buk...memang teknologi sangat penting perannya dalam pendidikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak Leo, ayo ikut meramaikan lomba blog ditunggu tulisannya

      Hapus
  14. Saya sangat setuju teknologi tidak bisa terpisahkan dalam dunia pendidikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok Teeimakasih , wah jd pengen belajar bhs Inggris dengan teknologi keren

      Hapus
  15. saya setuju dengan penulis perlu pemanfaatan teknologi yang memadai bagi tenaga pendidik supaya bisa lebih optimal dalam melakukan pembelajaran khususnya daring.
    lanjutkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok Thanks, teacher social , ditunggu link blog nya

      Hapus
  16. luar biasa. di tunggu tulisan inspiratif lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok thanks, odstat, ditunggu link blog nya

      Hapus
  17. Teknologi sangat perlu dlm kehidupan untk mempermudah suatu pekerjaan. Tulisannya bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Inspirasi konselor sudah berkunjung

      Hapus
  18. Karyanya sangat bagus cikgu rita.dimana akan membuat para guru dan siswa menjadi tertantang untuk harus belajar IT.menurut saya, apabila pandemi ini sdh berlalu dan kita sdh mlaksanakan pembelajaran tatap muka para siswa sebaiknya diperbolehkan membawa hp utk pembelajaran tertentu yg sdh ada persetujuan / perjanjian dgn guru dan dgn pengawasan dr guru terkait.shg kita bisa mlaksanakanpenilaian secara online ataupun siswa bisa mendownload materi secara langsung shg pembelajaran akan semakin efektif dan menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar bu, memanfaatkan IT untuk pembelajaran agar lebih efektif dan mnyenangkan

      Hapus
  19. Karyanya sangat bagus cikgu rita.dimana akan membuat para guru dan siswa menjadi tertantang untuk harus belajar IT.menurut saya, apabila pandemi ini sdh berlalu dan kita sdh mlaksanakan pembelajaran tatap muka para siswa sebaiknya diperbolehkan membawa hp utk pembelajaran tertentu yg sdh ada persetujuan / perjanjian dgn guru dan dgn pengawasan dr guru terkait.shg kita bisa mlaksanakanpenilaian secara online ataupun siswa bisa mendownload materi secara langsung shg pembelajaran akan semakin efektif dan menyenangkan.

    BalasHapus
  20. Dengan menguasai teknologi dan menerapkannya pada pembelajaran daring, tentunya pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan jangan lupa, selalu bljr teknologi yg up to date.

      Hapus
  21. Terus semangat membuat karya yang bermanfaat good job👍

    BalasHapus